Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Siapkan Langkah Strategis

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyiapkan sejumlah strategi khusus guna menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dalam sektor pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Persediaan Perumahan Kementerian PUPR, Yusuf Hariagung.

“Kami siap menghadapi revolusi industri 4.0 untuk bidang pembangunan infrastruktur dan perumahan di Indonesia,”jelas Yusuf. Dikutip dari kompas.com

Yusuf menyampaikan saat ini akan ada 3 rencana aksi yang bakal dilakukan oleh Kementerian PUPR dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Yakni, dengan persiapan infrastruktur software maupun hardware, penguatan database dan pemanfaatan teknologi dengan mempertimbangkan kecepatan akses, keandalan serta keamanan data yang dimiliki Kementerian PUPR.

Kemudian yang kedua dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan baik, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) PUPR, maupun penyedia jasa seperti tenaga ahli konsultan dan kontraktor yang akan mengoperasikan berbagai teknologi. Dan yang ketiga adalah dengan menugaskan Direktorat Jenderal Teknis untuk menyiapkan pilot project infrastruktur agar dapat direncanakan, didesain, dilaksanakan, serta dikelola menggunakan berbagai macam teknologi digital pada tahun 2020 ini.

“Kami juga berharap pemanfaatan internet dan teknologi dalam mempermudah suatu pekerjaan baik itu untuk pendididikan dan pekerjaan,"kata Yusuf

Selain itu Yusuf juga menyampaikan kepada mahasiswa yang nantinya akan menjadi generasi penerus untuk dapat menjadikan internet sebagai media komunikasi dan belajar diluar lingkungan perkuliahan kampus.

Sumber: sispro.co.id