Dibangun Sejak 2015, Hari Ini Bendungan Rotiklot Akan Diresmikan

Kupang – Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur rencananya hari ini (20/5) akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, hal ini menyusul dari rampungnya konstruksi dan sudah melakukan pengisian awal (impounding) bendungan pada hari kamis lalu.

Rencananya peresmian yang akan dilaksanakan langsung oleh Presiden Joko Widodo ini akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan seperti meninjau bendungan, menanam pohon di wilayah bendungan serta menyebar bibit ikan. Sebelumnya telah dilakukan proses pengisian bendungan Rotiklot yang telah menerima sertifikasi dari Komisi Keamanan Bendungan.

Menjadi salah satu dari 49 bendungan baru yang dikerjakan pada jangka waktu 2015-2019 ini. Bendungan Rotiklot siap mengairi 139 hektare lahan persawahan serta mengairi tanaman palawija dengan luas 500 hektare yang berada di wilayah bendungan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Satuan Kerja Balai Wilayah Sungai NT II, Fery Moun Hepy.

“Bendungan yang sudah jadi ini juga mampu mengairi lokasi tanaman palawija saat musim tanam palawija,” kata Fery

Fery juga menambahkan bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 3,3 juta meter kubik ini mampu mengalirkan 40 liter per detik air baku untuk Kota Atambua serta beberapa daerah disekitarnya. Selain itu Bendungan Rotiklot ini juga sangat strategis untuk bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Belu untuk mengembangkan kawasan itu sebagai objek wisata baru.

“Jika dilihat dari ketinggian, bendungan itu sangat indah. Nah ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk menyaksikan bendungan ini dari ketinggian," ujar Fery seperti dikutip Antara.

Untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai kawasan wisata, lanjutnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Belu bisa berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai NTT II untuk mendesainnya menjadi sebuah kawasan yang memikat minat wisatawan. Ia mengatakan proses pengawasan terhadap bendungan tersebut tetap ada pada kewenangan Balai Wilayah Sungai, namun tetap saja ada satuan khusus yang mengawasi bendungan itu agar tidak rusak.

Rotiklot merupakan salah satu bendungan dari tujuh bendungan yang menjadi program dari pemerintahan Joko Widodo di Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya pada Januari 2018 lalu orang nomor satu di Indonesia itu juga sudah meresmikan satu bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang.