BPJT Kejar Progres Pembangunan 9 Ruas Tol Baru di Kawasan Jabodetabek

11/01/2021

Highway

Jakarta – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan terdapat 9 ruas tol baru yang sedang dalam proses pembangunan untuk di kawasan Jabodetabek. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kepala BPJT Danang Parikesit.

Danang menyampaikan saat ini BPJT tengah berkoordinasi lebih lanjut dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk penyelesaian konstruksi jalan tol tersebut.

"BPJT terus berkoordinasi bersama seluruh BUJT dalam hal penyelesaian pelaksanaan konstruksi jalan bebas hambatan di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi,"jelas Danang

Adapun kesembilan ruas tol tersebut meliputi, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran (14 km), Jalan Tol Cinere-Cibitung (10 km), Tol Cimanggis-CIbitung Seksi 2 On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (22 km), Tol Cibitung-Cilincing (34 km), Tol Becakayu Seksi  1A dan 2A (8 km).

Kemudian Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang (9 km), Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Taman Mekar-Sadang (28 km), Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak (3 km), dan juga Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Serpong-Legok (6 km).

Selain itu, terdapat juga proyek konstruksi jalan tol diluar Pulau Jawa yang diantaranya adalah Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan-Samboja dan seksi 5 Sepinggan-Balikpapan sepanjang 33 km. Kemudian untuk di Pulau Sulawesi terdapat juga Tol Manado-Bitung Seksi 2B Simpang Susun Danowudu-Bitung (14 km).

Danang juga menjelaskan dengan adanya beberapa proyek jalan tol baru ini menjadi tanggung jawab dan beban kerja yang diberikan kepada BPJT untuk meningkatkan semangat kerja serta berkoordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan.

"Untuk terus mewujudkan konektivitas jalan tol melalui transformasi, inovasi, dan modernisasi jalan tol yang berkelanjutan dan semakin berkualitas pada masa mendatang,”sebut Danang

Sumber: sispro.co.id