Bendungan Sindang Heula Rampung, Siap Pasok Air Baku Ke Wilayah Serang

Serang - Salah satu pembangunan infrastruktur tampungan air yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) berhasil diselesaikan pembangunannya oleh BBWS Cidanau Ciujung Cidurian. Bendungan tersebut ialah Bendungan Sindang Heula. 

PPK Bendungan Sindang Heula BBWS Cidanau Ciujung Cidurian, Yudi Kurniawan menjelaskan bahwa bendungan yang terletak di Desa Sindang Heula, Kecamatan Pabuaran dan Tatakan, Kabupaten Serang ini siap menampung air sebanyak 9,25 juta meter kubik yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air baku sebesar 800 liter per detik bagi masyarakat di Kabupaten Serang maupun Kota Serang.

Selain untuk menyediakan pasokan air baku Bendungan Sindang Heula juga akan memasok air sebesar 800 liter per detik untuk kurang lebih 1000 hektar Daerah Irigasi. Hal ini diharapkan dapat membantu petani dalam mengairi lahan nya dan dapat meningkatkan hasil produksi tani di wilayah Serang serta sekitarnya.

Serta di bendungan ini juga memiliki gardu pandang yang kedepannya juga akan dibangun wahana edukasi berupa studio mini bagi pengunjung yang ingin belajar lebih banyak tentang sumber daya alam maupun pengolahannya.

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2015-2018 oleh BBWS Cidanau Ciujung Cidurian ini berguna juga untuk mengendalikan banjir di Kabupaten Serang dan Kota Serang kedepannya, juga sebagai daerah konservasi air. Dalam waktu dekat, pada bendungan ini akan dilakukan impounding (pengisian awal), apabila proses sertifikasi keamanan pengisian awal bendungan yang dilakukan oleh Komisi Keamanan Bendungan selesai dilakukan.

“Kami juga sedang menunggu sisa pembebasan lahan sekitar 2,4 hektar yang akan segera dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Banten dalam waktu dekat, setelahnya baru dilakukan impounding,” tambah Yudi

Sumber: pu.go.id