Anggaran 2020 Naik, PUPR Dibekali Rp 120 Triliun

16/07/2019

PUPR Agenda

Jakarta – Pemerintah saat ini tengah menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 guna mendukung program-program di tahun 2020 nanti. Salah satu sektor yang menjadi sorotan adalah dibidang infrastruktur yang masih terus akan ditingkatkan, hal ini sebagaimana ditunjukan dengan peningkatan alokasi anggaran dari pembangunan infrastruktur pada tahun 2020 menjadi Rp 120 triliun. Hal ini berarti ada peningkatan dibandingkan anggaran tahun 2019 sebesar 16,5% sebagaimana seperti yang disampaikan Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Kementerian PUPR dari sebelumnya Rp 103 triliun sekarang jadi Rp 120 triliun,” jelas Menteri Basuki

Menteri Basuki menyampaikan kenaikan anggaran Kementerian PUPR ini ditujukan untuk pembangunan infrastruktur dasar dan besar, seperti pendidikan, pasar, olahraga, dan pariwisata. Namun alokasi dana tersebut masih ada kemungkinan perubahan, hal ini dikarenakan masih adanya pembahasan pada kas negara tahun 2020.

Rincian tambahan anggaran tersebut akan dialokasikan kepada pendidikan sebesar Rp 4,5 triliun, sektor pariwisata sekitar Rp 5,5 triliun. Kemudian sisanya infrastruktur tadi bisa diarahkan ke jalan, jembatan, serta PLBN regular milik Kementerian PUPR.

Namun untuk pemilik alokasi APBN 2020 tertinggi masih dipegang oleh Kementerian Pertahanan.