55 Rest Area Disapkan Layani Mudik 2019 Di Tol Trans Jawa

24/04/2019

Highway

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan total 55 tempat beristirahat (rest area) disepanjang ruas Jalan Tol Trans Jawa yang terbentang dari Merak hingga Probolinggo untuk layani pemudik musim mudik lebaran 2019. Dari jumlah tersebut terdiri dari 25 rest area Tipe B dan 30 tipe A. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit

"Rest area kami siapkan 55 yang tipe A dan tipe B," Jelas Danang

Rest Area Tipe B sendiri dilengkapi dengan fasilitas seperti ATM Center dengan fasilitas isi ulang kartu tol, toilet. warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir. Sementara untuk Tipe A dilengkapi dengan fasilitas yang sama dengan Tipe B. Akan tetapi ada beberapa tambahan seperti klinik kesehatan, bengkel, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Nantinya pada setiap Rest Area jalan tol juga didukung oleh pengembangan dan pemasaran produk-produk ekonomi lokal daerah melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disinggahi oleh pemudik. Selain rest area, pemerintah juga menyediakan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang akan berada setiap jarak 20 meter.

"Kita TIP siapkan 71 area. Jadi di jalur A ada 35 di jalur B ada 36. Jaraknya adalah jalur A 20 km sekali dan jalur B 23 km sekali," katanya.

Pada setiap Rest Area jalan tol juga didukung oleh pengembangan dan pemasaran produk-produk ekonomi lokal daerah melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disinggahi oleh pemudik, sehingga tidak hanya diisi oleh produk-produk asing.

Data dari BPJT merinci dari 71 rest area terdapat 55 rest area yang beroperasi dan 16 rest area yang masih konstruksi. Jarak rata-rata antar rest area jalur A sepanjang 20 km, jalur B sepanjang 23 km sementara jarak terjauh antar rest area yakni 52 km.

Sementara, fasilitas di masing-masing TI/TIP yang beroperasi adalah 7-23 toilet pria dan 8-23 toilet wanita. Adapun untuk lahan parkir disiapkan 69-250 mobil per TI/TIP dan 20-80 truk per TI/TIP, belum termasuk TI sementara.