500rb Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatera Dalam 5 Hari Nataru

26/12/2019

Highway

Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) mencatat total kendaraan yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencapai 475.493 kendaraan. Pencapaian tersebut dicapai dalam 5 hari libur Nataru, yang merupakan akumulasi dari arus kendaraan masuk dan keluar JTTS di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang-Indralaya, Medan-Binjai, dan Pekanbaru-Dumai.

Pada Selasa(24/12) ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar mencatat kenaikan volume tertinggi yakni dengan jumlah 9.568 kendaraan. Pada Lalulintas Harian Normal (LHR) diketahui arus masuk arah Bakauheni ke Terbanggi Besar rata-rata mencapai 5.000 kendaraan perharinya.

Secara akumulatif, total kendaraan yang masuk ke ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sejak musim libur Natal dan Tahun Baru per tanggal 20 Desember lalu telah tercatat 46.424 kendaraan. Serta dengan total kumulatif kendaraan yang keluar dari Sumatera menuju Jawa mencapai 38.669 kendaraan.

Tak hanya pada gerbang tol Bakauheni, gerbang tol Kayu Agung juga mencatat kenaikan volume kendaraan yang cukup signifikan. Pada arus normal, kendaraan yang melalui gerbang tol Kayu Agung ini hanya mencapai 1.295 kendaraan, namun pada periode Nataru kali ini kendaraan yang keluar dan masuk melalui gerbang tol ini mencapai lebih dari 11.000 kendaraan perharinya.

Kalau diperhatikan tren arus kendaraan, puncak arus mudik (Nataru) sepertinya merata di tanggal 22 Desember lalu hampir di semua ruas," terang Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J Aries Dewantoro. Dikutip dalam kompas.com

Sejauh ini, peningkatan volume kendaraan masih dapat ditangani dengan baik dan belum ada laporan penumpukan kendaraan yang masif.

Sumber: sispro.co.id