4 Ruas Tol Ini Dibuka Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru

03/12/2019

Highway

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan akan ada beberapa ruas tol yang dibuka secara fungsional untuk melayani libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjabarkan akan ada 134,5 Km jalan tol yang dibuka secara fungsional, yang artinya masih tidak dikenakan biaya untuk melewati ruas tol tersebut.

"Itu (134,5 km) kalau fungsional nggak ada tarifnya, ya gratis," kata Menteri Basuki

Menteri Basuki menyampaikan 134,5 km tersebut merupakan total panjang dari 4 ruas tol, yakni ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km, kemudian ada ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 km, lalu ada ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km, serta ruas tol Manado-Bitung sepanjang 26 km.

Kemudian selain dari 4 ruas tol tersebut, pemerintah juga telah memastikan jalan tol layang terpanjang di Indonesia, Jakarta-Cikampek II Elevated sudah siap dioperasikan pada 15 Desember 2019 nanti. Ruas tol layang Japek II ini juga akan dioperasikan secara gratis selama musim libur Natal dan Tahun Baru.

"Japek elevated insyaallah diresmikan pada minggu kedua Desember 2019. Mudah-mudahan full minggu kedua Desember, rencananya gratis sampai Nataru nanti,"Jelas Menteri Basuki

Hanya saja, Menteri Basuki sendiri belum bisa memastikan untuk pemberlakuan tanpa tarif pada ruas tol tersebut hingga kapan. Ia menjelaskan saat ini ruas-ruas tol tersebut akan diberlakukan tanpa tarif mengikuti waktu libur Nataru.