10 Agustus, LRT Jakarta Sudah Siap

Jakarta - Percepatan pembangunan Light Rail Transit (LRT) sudah mulai terlihat hasilnya. Kemarin, Rabu (15/8/2018) masa uji coba operasi LRT rute Kelapa Gading-Rawamangun sudah dimulai dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dwi Wahyu Darwoto selaku Direktur Utama PT. Jakarta Propertindo juga pihak media yang diundang. Uji coba operasi perjalanan bolak-balik kedua rute dengan jarak 8 kilometer ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dan terbilang cukup nyaman, tanpa ada gangguan.

 Selama masa uji coba, kereta hanya melayani dari stasiun Velodrome ke stasiun Boulevard Utara di kelapa gading dan sebaliknya dengan kecepatan yang ditetapkan di angka 40km/jam di trek lurus serta 25km/jam saat berbelok serta hendak memasuki atau meninggalkan stasiun. Selain untuk mencapai “jam terbang” yang diberlakukan Kementerian Perhubungan, masa uji coba yang ditetapkan selama satu bulan ini merupakan sarana penyesuaian operasional LRT yang memiliki standar nasional dengan perilaku warga Jakarta.

 Transportasi LRT yang ditargetkan akan rampung saat gelaran akbar Asian Games 2018 ini, juga sedang  mempercepat proses sertifikasi agar selesai Agustus mendatang. Budi Karya turut menyatakan LRT Jakarta akan diresmikan 10 Agustus mendatang.

"Kita resmikan bisa tanggal 10 mungkin ya, 10 Agustus," kata Budi di proyek LRT Stasiun Kelapa Gading Boulevard Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Budi Karya menambahkan LRT akan menjadi salah satu transportasi modern Jakarta juga akan terintegrasi dengan transportasi lainnya seperti MRT.

"Jadi kita harapkan interkoneksinya itu, antar modal, dengan MRT, dengan bus dengan kereta listrik dan sebagainya," tutupnya