WTR Incar 2 Ruas Tol Yang Di Lelang BPJT

24/07/2019

Jalan Tol

Jakarta – PT Waskita Toll Road (WTR) dikabarkan akan mengikuti 2 dari 7 lelang yang diadakan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR). Direktur Utama PT Waskita Toll Road menyampaikan 2 tender yang saat ini pihaknya tengah incar adalah tender jalan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara sepanjang 7,35 km dengan nilai investasi sebesar Rp 15,53 triliun serta tender ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 77 km yang lelangnya sedang diproses.

Ruas jalan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara yang sedang diincar ini juga sekaligus akan mendapatkan hak right to match lantaran sebagai pemrakarsa. Sementara untuk ruas Tol Yogyakarta-Bawen tersebut diincar lantaran jalan tersebut sebagai penghubung lintas utara jawa dan lintas selatan yang akan melalui Kota Yogyakarta-Magelang dan Semarang.

Untuk memenuhi kebutuhan investasi dari kedua tender ruas tol tersebut, PT Waskita Toll Road saat ini tengah mencari pendanaan dari investor luar negeri. Dikabarkan 2 investor asal Hong Kong berencana akan ikut berinvestasi mendanai proyek jalan tol ini.

“Para investor sedang dalam proses uji tuntas sekarang untuk menilai proyek. Kami berharap proses ini akan selesai pada akhir Juli,” ungkap Herwidiakto

Hal ini sejalan dengan kebutuhan pendanaan asing untuk proyek jalan tol di Indonesia, seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo untuk membangun jalan tol senilai US$ 70 miliar sepanjang 5.400 km, atau 3 kali lipat dari jumlah tol saat ini.