Tol Semarang-Solo Rampung Akhir 2018

18/10/2018

Jalan Tol

Solo – Pembangunan ruas Tol Trans Jawa saat ini sudah memasuki tahapan penyelesaian dari pembangunan fisik, salah satunya adalah pembangunan Tol Batang-Semarang-Solo yang ditargetkan bakal beroperasi pada Desember 2018 nanti. Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani menyampaikan akhir tahun ini menjadi batasan untuk merampungkan beberapa ruas Tol Trans Jawa.

“Target kita Trans Jawa akhir November tidak ada yang meleset. Kita berharap semua Trans Jawa fisik selesai akhir November mendatang,” kata Desi

Saat ini pembangunan ruas tol Batang-Semarang-Solo sudah memasuki 92,9% proses konstruksi. Secara umum pembangunan konstruksi jalan utama nya sudah hampir rampung, hanya tinggal menambahkan beberapa instalasi pendukung ruas tol tersebut. Rencananya di pertengahan November hingga Desember 2018 nanti akan mulai dilakukan uji kelayakan.

“Uji laik paling lambat itu di 1 Desember 2018 dan berjalan rapi kalau 15 November tidak ada kendala maka uji laik langsung masuk. Biasanya uji laik kita sudah masuk setelah Provisional Hand Over (PHO) fisik uji laik langsung bisa dioperasikan,” jelas Desi

Desi juga menyampaikan dalam pembangunan ruas Batang-Semarang-Solo ini sempat mengalami beberapa kendalam salah satunya masih terdapat beberapa titik yang belum selesai pembebasan lahan tambahan ruas jalan bebas hambatan di tol tersebut.

“Kendala memang ada di pembebasan lahan, target akhir Oktober ini tuntas semua. Lahan yang masih belum bebas itu merupakan bagian dari tambahan pengadaan dari perencanaan awal dan masih ada satu bidang yang belum terbebas serta belum dapat dikerjakan,” tambah Desi.

Sementara itu, untuk ruas Tol Batang-Semarang sendiri dijelaskan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Arie Irianto bahwa dirinya dan tim optimis dapat menyelesaikan proyek ini di akhir tahun 2018 sehingga dapat digunakan secara optimal pada awal tahun 2019.

Selain itu,PT Jasa Marga selaku kontraktor masih melakukan pekerjaan pada fasilitas pendukung yang ada di ruas Tol Batang-Semaran-Solo seperti rest area, penerangan, marka jalan, serta saluran air (drainase).