Tol Pandaan-Malang Sukses Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia

06/07/2020

Jalan Tol

Jakarta – Jalan Tol Pandaan-Malang sukses meraih Sertifikat Green Toll Road Indonesia di level Gold Plus. Ruas tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang ini sukses meraih penghargaan tersebut setelah dinilai sebagai ruas tol yang pembangunannya memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan berkelanjutan sejak tahapan perancangan, pembangunan, pengoperasian hingga tahap pemeliharaan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan peningkatan pelayanan tol tidak hanya sekedar mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk pemenuhan persyaratan penyesuaian tarif tol. Pengelola juga diharuskan untuk dapat meningkatan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan karena kebutuhan dan ekspektasi masyarakat yang terus meningkat.

"Kami menyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest area-nya,” jelas Menteri Basuki

Sertifikasi Green Toll Road Indonesia sendiri dilakukan oleh Green Infrastructure and Facilities Indonesia yang merupakan bagian dari sub divisi Green Product Council Indonesia (GPCI), organisasi yang berada dibawah Global Ecolabel Network (GEN).

Penilaian ini sendiri meliputi enam indicator seperti akses, kelayakan dan pelayanan, efisiensi energi dan air, lingkungan, materi, konstruksi serta kerjasama kewilayahan. Pengembangan konsep infrastruktur jalan tol yang berkelanjutan merupakan bagian dari transformasi bisnis di sektor jalan tol dikembangkan oleh Kementerian PUPR agar seluruh pembangunan infrastruktur baik yang dilaksanakan oleh kontraktor maupun investor memberikan perhatian pada sisi berkelanjutan lingkungan.

Pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pemerintah, lanjutnya, tidak hanya bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi, tetapi juga memperhatikan kelestarian lingkungan dan berkelanjutan.

Sumber: sispro.co.id