Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Target Tuntas 2022, Pangkas Perjalanan Jadi 2 Jam

Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) menargetkan proyek pembangunan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu akan terhubung keseluruhan pada tahun 2022 nanti. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto.

"Secara keseluruhan, pengerjaan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Kota Lubuk Linggau di Provinsi Sumatera Selatan ini kami targetkan selesai pada 2022 mendatang,"jelas Suroto

Meskipun begitu, Suroto menyampaikan pihak Hutama Karya memastikan pengerjaan konstruksi tol terus berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebarluasan Pandemi Covid-19.

Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu ini sendiri memiliki panjang 96 km yang juga menjadi bagian dari koridor pendukung Jalan Tol Trans Sumatera dari ruas Palembang sampai Bengkulu. Tol ini terbagi dalam 3 seksi yakni, Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung (18 km), Seksi 2 Taba Penanjung-Kepahiang (28 km), dan Seksi 3 Kepahiang-Lubuk Linggau (54 km).

Saat ini untuk seksi 1 sendiri telah mencapai progres konstruksi 82% dengan proses pengadaan lahan sebesar 86% per awal Desember 2020. Suroto menambahkan jalan tol ini akan melancarkan akses pergerakan logistik serta masyarakat di wilayah Lubuk Linggau yang berada diwilayah antara Palembang dan Bengkulu yang nantinya juga akan terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai ini untuk menunjang geliat pariwisata di Bumi Rafflesia.

Sumber: sispro.co.id