Tol Kedua Di Bali Siap Dibangun Tahun Depan

10/09/2020

Jalan Tol

Jakarta – Pembangunan infrastruktur diberbagai daerah di Indonesia terus berlanjut, salah satu proyek infrastruktur yang saat ini marak di genjot oleh pemerintah adalah pembangunan jalan tol. Salah satunya dalam waktu dekat ini pemerintah berencana akan memulai proyek tol baru di Provinsi Bali untuk ruas Tol Gilimanuk-Mengwi, hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Sekarang sudah ada proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, tinggal ditandatangani perjanjian pengelolaan proyek ini oleh PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama,"terang Menteri Basuki

Menteri Basuki sendiri menyampaikan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rencana pembagunan ruas tol baru ini.

"Kemarin rapat dengan para BUMN dan Menhub karena adanya ini maka akan dibangun tol ini sepanjang 95 km anggarannya sekitar Rp 19,3 triliun. Mungkin ini akan dengan APBN. Jadi ini adalah untuk pengembangan Bali utara,"kata Menteri Basuki

Jalan tol ini sendiri diproyeksikan akan memiliki panjang 95 km dengan dibangun dalam tiga tahap, yakni tahap satu untuk pembangunan dari Pekutatan-Soka sepanjang 23,6 km, dilanjutkan pada pembangunan tahap dua untuk dari Soka menuju Mengwi sepanjang 21,8 km serta tahap ketiga dari Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 50,2 km dengan target pengerjaan dapat rampung pada tahun 2022.

Menteri Basuki juga menyampaikan, meskipun titik akhir pembangunan jalan tol ini berada di Mengwi, namun rencana kedepannya pemerintah akan melanjutkan pembangunan tol baru dari Soka menuju Bandara Bali Utara yang akan memiliki panjang 60 km.

Sumber: sispro.co.id