Tambah Stasiun, 10 Stasiun LRT Palembang sudah beroperasi di bulan September

Palembang - Progres pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan sudah memasuki tahap penyelesaian akhir. Dari total keseluruhan 13 stasiun yang ditargetkan tahun 2018, sebanyak 4 stasiun sudah selesai dan siap dioperasikan dengan 6 stasiun yang sebelumnya sudah dioperasikan lebih awal ketika perhelatan Asian Games 2018 kemarin.

Keempat stasiun yang sedang menunggu pihak operator untuk memulai dioperasikan antara lain, Stasiun Asrama Haji, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dishub dan Puntti Kayu. Dengan selesainya stasiun-stasiun tersebut, maka sudah 10 stasiun dari total 13 stasiun yang ditargetkan rampung pada tahun 2018.

Stasiun Garuda Dempo, Polrestabes, dan Demang Lebar Daun adalah tiga stasiun yang belum selesai karena terkendala pada pembebasan lahan saat akan dibangun tangga sebagai akses menuju stasiun.

"3 stasiun lagi paling lambat Oktober ini selesainya. Pembangunan ini memang tersendat karena lahan, tapi setidaknya kami bangun dulu di sebelahnya supaya bisa digunakan dan tidak semua stasiun memiliki akses tangga di kanan dan kiri, ada juga yang hanya satu," jelas Masudi Jauhari selaku Kepala Proyek LRT Palembang.

Secara terpisah, KAI selaku operator LRT Palembang mengatakan stasiun yang sudah selesai langsung digunakan pada bulan ini, dan saat ini KAI masih menunggu ketiga stasiun tersebut selesai.

"Sudah dioperasikan semua stasiun yang selesai. Kami hanya menunggu 3 stasiun lagi yang belum, untuk Stasiun Polresta mudah-mudahan selesai akhir bulan ini," Ungkap Aida selaku Humas KAI Divre III Kota Palembang.

LRT Palembang hingga saat ini menggunakan 5 trainset dari total 7 trainset LRT di Depo Jakabaring dengan jam operasional dari pukul 06.00-18.00 WIB.