Tahun 2020 LRT Bakal Rampung Sampai Bogor

Jakarta ­– Salah satu pembangunan infrastruktur yang saat ini pemerintah sedang kerjakan adalah Pembangunan Proyek Light Rail Transit (LRT), proyek ini nantinya akan menghubungkan Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi. Proyek dengan dua tahap ini terus di kebut pengerjaan nya oleh pemerintah, nantinya di tahun 2020 akan tersambung hingga ke Bogor.

Saat ini fokus pembangunan sedang dilakukan pada tahap pertama sepanjang 43 km yang menghubungkan dalam kota Jakarta dengan proges pembangunan sudah memasuki 40%. Sedangkan untuk tahap kedua nantinya akan diperkirakan memiliki panjang sekitar 40 km, dengan lintasan melalui Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan dan Palmerah-Grogol dengan target dalam 2 tahun ini dapat rampung.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa LRT tahap 2 ini akan segera dimulai pembangunannya, dengan cangkupan awal pada lintasan Cibubur-Bogor yang nantinya bakal sampai Terminal Baranangsiang.

“ini ada LRT, sekarang baru sampai Cibubur, tapi 2 tahun lagi sampai Bogor. LRT nanti sampai Terminar Barangansiang,” kata Menteri Budi.

Selain itu Menteri Budi juga menyinggung akan dibuat LRT dalam skala yang lebih kecil yang akan dioperasikan di dalam wilayah Kota Bogor. Rencana ini akan diajukan kepada Pemerintah Pusat untuk mengurangi kepadatan yang sering terjadi di Kota Bogor.

“Nanti kita buat LRT yang lebih kecil mengelilingi Kota Bogor. Jadi dengan adanya LRT yang sudah disetujui oleh Presiden Jokowi ini bisa dibangun dalam waktu dekat,” kata Menteri Budi.

Pada pembangunan LRT lintasan Cibubur-Bogor ini nantinya akan menggandeng perusahaan swasta yang berminat dengan menggunakan Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengelolaan dari LRT Jabodebek ini.