Solo-Yogyakarta Masuk Lelang Tol Baru Tahun Ini

22/07/2019

Jalan Tol

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menambah pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, tidak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari total 7 ruas tol yang akan di lelang, akan ada 2 ruas tol yang melintasi kota Yogyakarta yakni Yogyakarta-Bawen dan Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo.

2 Ruas tol tersebut akan bersamaan dengan 5 tol lainnya yang akan dilelang dengan nilai investasi sebesar Rp 151,13 triliun yang akan dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kepala BPJT, Danang Parikesit menyampaikan perihal terkait pelelangan 7 ruas jalan tol tersebut.

"Dari tujuh ruas tol, Jalan Tol Balikpapan - Penajam Paser Utara sudah dilakukan pelelangan dengan metode lelang hak menyamakan penawaran (right to match) pada PT. Tol Teluk Balikpapan. Ruas tol lainnya masih dalam tahap finalisasi desain,” kata Danang Parikesit

Menurut Danang, ruas tol Solo-Yogyakarta dan 6 tol lainnya akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang dapat membawa dampak daya ungkit dari hasil investasinya, sehingga keuntungannya dapat digunakan untuk dialihkan pada pembangunan infrastruktur lainnya.

Investasi swasta dibutuhkan kerena pendanaan Pemerintah dalam penyediaan infrastruktur terbatas. Kemampuan APBN tahun 2020 – 2024 diproyeksikan hanya mampu memenuhi 30% atau sekitar Rp 623 triliun dari total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur sebesar Rp 2.058 triliun.

Sebelumnya pemerintah juga telah melakukan pemberian dukungan viability gap fund (VGF) berupa jaminan maupun dukungan pendanaan APBN untuk membangun sebagian konstruksi jalan tol yang sedang berjalan sehingga dapat meningkatkan kelayakan finansial suatu ruas tol.