PUPR Tambah Alat Berat Untuk Bantu Evakuasi Longsor Sukajaya

06/01/2020

Agenda PUPR

Bogor – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya membantu untuk membuka kembali jalan utama menuju desa-desa di Sukajaya, Kabupaten Bogor. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan pihaknya akan menambahkan kendaraan alat berat untuk membantu mengevakuasi material longsor dalam waktu seminggu kedepan. Hal tersebut sebagaimana yang ia sampaikan langsung ketika melakukan tinjauan nya ke lokasi longsor di Sukajaya.

"Ini ada beberapa desa yang terisolir. Untuk itu saya buat dua tim. Kalau Bapak Presiden Jokowi kasih waktu seminggu, itu insyaAllah bisa tembus,"jelas Menteri Basuki

Menteri Basuki menyampaikan, Kementerian PUPR akan menambah 11 unit kendaraan alat berat untuk membuka jalan yang tertutup material longsor. Sebelumnya Kementerian PUPR juga telah mengirimkan alat berat ke lokasi longsor sebanyak 6 excavator, 1 loader dan 1 buildozer.

"Metodenya, setelah satu jalur menuju Sukajaya tembus, selanjutnya alat berat ini langsung berangkat ke desa berikutnya, kemudian kendaraan di belakang masuk untuk membersihkan,"kata Menteri Basuki

Menteri Basuki juga menyampaikan ia akan memaksimalkan tim untuk dapat membuka jalan utama Desa Pasir Madang paling tidak dapat rampung pada Senin (6/1) sore ini. Desa Pasir Madang ini merupakan salah satu dari enam desa terisolir akibat longsor yang terjadi pada Rabu (1/1) pukul 06.00 WIB lalu.

Hujan deras pada dinihari membuat Sungai Cidurian di Kabupaten Bogor meluap dan mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir dan longsor. Selain Desa Pasir Madang, terdapat juga beberapa titik longsor yang menutup jalan utama menuju beberapa desa di daerah Kabupaten Bogor. Beberapa desa tersebut meliputi Desa Kiarasari, Kiara Pandak, Urug, Cisarua dan Desa Cileuksa.

Terkait akses jalan yang tertutup akibat banjir dan longsor tersebut, saat ini telah ada beberapa titik yang telah terbuka yaitu pada Jalan Raya Cileduk-Kecamatan Sukmajaya sepanjang 7 km, Posko Utama-Sub Pos Harkat Jaya sepanjang 2 km dan juga ruas Jl Kiarasari-Jl Pasir Madang yang berhasil dibersihkan pada 4 dari 13 titik longsoran.

Sumber: sispro.co.id