PUPR Kembangkan Infrastruktur Industri Pariwisata

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun infrastruktur di berbagai lokasi pariwisata. Diantaranya kawasan Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Kebun Raya Lampung Selatan, Bromo-Tengger-Semeru, KEK Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, Morotai dan Pia Nemo Papua yang rencananya akan dibangun tahun ini.

“Yang dibangun ini KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional), KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) dan wisata yang memang memerlukan pembangunan infrastruktur,” ungkat Sri Hartoyo, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Menurut Sri Hartoyo, PUPR akan menyediakan anggaran sebesar Rp 686,8 miliar rupiah untuk membangun infrastruktur di sektor pariwisata. Tujuan dibangunnya infrastruktur ialah untuk menarik antisiasme masyarakat dalam berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Sri Hartoyo menambahkan, pihak swasta diharapkan mengambil andil dalam membangun infrastruktur yang memiliki nilai komersil, karena pemerintah hanya membangun infrastruktur dasar.

“Pembangunan resortnya segala macam dari swasta. Di mana-mana polanya seperti itu,” tutupnya.

Sumber: kumparan.com