Progres Tol Manado-Bitung Mencapai 14,97%

08/02/2018

Jalan Tol

Manado – Pembangunan jalan Tol Manado-Bitung yang dikerjakan oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) terus dilakukan percepatan penyelesaian, hal ini dikarenakan pemenuhan target pengoperasian yang ditetapkan pada awal tahun 2019. Hingga saat ini progres konstruksi jalan Tol Manado-Bitung sudah mencapai 14,97%.

George IMP Manurung selaku Direktur Utama PT JMB mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan percepatan pembangunan fisik konstruksi serta pembebasan lahan untuk tol yang memiliki panjang 39,9 km ini.

George juga menyampaikan bahwa progres pembangunan konstruksi proyek yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk Seksi II A (Airmadidi-Danowudu) mencapai 47,456% dan Seksi II B (Danowudu-Bitung) mencapai 0,65%, sedangkan total progres untuk konstruksi dari kedua seksi tersebut mencapai 14,97%. Untuk Seksi II B, progres konstruksinya akan ditingkatkan sehubungan dengan bertambahnya lahan yang sudah dibebaskan pada Januari 2018.

Untuk pembebasan lahan, Seksi II A sudah mencapai 97,74% sedangkan untuk Seksi II B sudah mencapai 59,29% dari total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan ruas tol ini. Meskipun terbilang lancar, sempat terjadi hambatan dalam membebaskan lahan untuk Seksi II B yang akhirnya dapat terselesaikan.

George mengaku percepatan pembangunan tol Manado-Bitung ini cukup positif serta memenuhi target yang dicanangkan oleh timnya.

“Sejauh ini pembangunan jalan Tol Manado-Bitung mengalami progres yang positif. Kami selalu melakukan percepatan dalam bidang konstruksi dan pembebasan lahan. Dari segi pembebasan lahan, kami menempuh berbagai upaya, salah satunya adalah dengan melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional maupun PPK Lahan,” jelas George.

Nantinya, jika tol ini sudah beroperasi secara penuh akan memangkas biaya penyaluran logistic ke setiap daerah antara Manado dan Bitung. Hal ini menjadi penting demi karena dapat memangkas waktu perjalanan antar dua kota tersebut menjadi lebih singkat, yaitu dari waktu semula yang menghabiskan 90 sampai 120 menit perjalanan menjadi 45 menit perjalanan saja.

Sumber: okezone.com