Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang Hari Ini

13/05/2019

Jalan Tol

Malang – Presiden Joko Widodo hari ini (13/05) dijadwalkan akan melakukan peresmian dari ruas jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III, peresmian di ruas tol Pandaan-Malang ini guna mendukung musim mudik Lebaran 2019 nanti. Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono telah meninjau kesiapan peresmian ruas tol ini pada Minggu (12/5) kemarin.

“Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Pandaan-Malang bisa lebih cepat, seksi I-III sudah siap operasi, apabila seksi IV-V selesai bisa langsung dioperasikan saja,” kata Menteri Basuki

Adapun Seksi 4-5 saat ini masih dalam tahap konstruksi dan ditargetkan selesai November 2019. Setelah diresmikan Jokowi, Seksi 1-3 langsung bisa digunakan secara gratis. Basuki mengatakan PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) telah mengantongi izin operasionalisasi tol sepanjang 38 kilometer tersebut. Untuk tarif, saat ini pemerintah melalui Kementerian PUPR masih mengkaji besaran yang ideal.

“Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019. Namun selama musim mudik dan arus balik, tol ini akan digratiskan,” ujar Menteri Basuki

Jalan Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,488 KM. Selain itu, jalan tol ini terdiri dari 5 seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 KM. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 KM, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 KM, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 KM, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 KM.