Pemerintah Targetkan Bangun Jalan Tol 18.000 Km

15/09/2020

Jalan Tol

Jakarta – Pemerintah menyampaikan telah menyusun rencana jangka panjang untuk membangun jalan tol di seluruh Indonesia sepanjang 18.000 km. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian , Ia menyampaikan rencana pembangunan tol ini sebagaian besar akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Sudah kami susun rencananya dan backbone jalan bebas hambatan ini yang sebagian besar akan dilakukan menggunakan KPBU jadi akan menjadi jalan tol. Jadi ini kami sampaikan rencana program jalan tol kita dalam rencana kami adalah 18,8 ribu kilometer,"jelas Hedy

Hedy juga menyampaikan rencana pembangunan ini guna mengejar target konektivitas, dengan target rancangan jalan tol dengan kecepatan perjalanan mencapai 100 km per 1,5 jam. Ia juga menjelaskan dari total rencana 18.850 km, telah beroperasi sekitar 2.166 km dengan targetnya aka nada 2.000 km yang sedang disiapkan pengadaan tanahnya maupun tahap konstruksinya.

"Kami sudah membuat rencana umum jalan bebas hambatan dalam horizon yang bisa kami prediksikan. Kenapa kita perlu merancang jalan bebas hambatan ini, karena untuk mencapai target konektivitas 1,5 jam per 100 kilometer. Mau tidak mau kita harus menggunakan jalan bebas hambatan sebagai backbone,"jelas Hedy

Dalam rencana jangka pendek, atau tepatnya pada tahun 2020 hingga 2024, pemerintah menargetkan akan ada 2.724 kilometer tol yang beroperasi. Hingga kini baru ada 72,8 kilometer yang beroperasi.

Sumber: sispro.co.id