Menuju Akhir Tahun, Ada 2 Ruas Tol Lagi Yang Akan Diresmikan

10/12/2019

Jalan Tol

Jakarta – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menyampaikan bakal ada 2 ruas tol lagi yang akan diresmikan. 2 ruas tol tersebut adalah jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) dan juga jalan tol Balikpapan-Samarinda (Seksi 2-4).

"Sampai akhir tahun ada dua ruas tol yang akan diresmikan yakni Balsam (Balikpapan—Samarinda) dan Japek (Jakarta—Cikampek) Elevated," kata Danang

Danang menyebutkan, khusus Tol Balikpapan-Samarinda baru akan membuka seksi 2-4 yang konsesinya dipegang oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda untuk melayani musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Sementara, seksi 1 dan 5 yang masih dalam proses penyelesaian menjadi porsi pemerintah, lantaran terdapat masalah teknis adanya pergerakan tanah dan membutuhkan teknik konstruksi khusus. Untuk seksi 5 telah ada keputusan penanganan nya, dengan akan membahas desain akhirnya bersama tenaga ahli yang telah di tunjuk oleh BPJT.

Setelah proses desain tersebut rampung, selanjutnya akan diserahkan kepada BUJT, kemudian dilanjutkan ke PT Wijaya Karya selaku kontraktor untuk dapat mengerjakan penanganan pergerakan tanah tersebut.

Sedangkan, seksi 1 saat ini desain penanganannya telah diserahkan dari konsultan, dan hanya menunggu serah terima pekerjaan lapangan dari pemerintah daerah ke BUJT dan kontraktor. Jalan tol Balsam, yang dibangun sejak November 2016, terdiri atas 5 seksi, yaitu seksi 1 Balikpapan—Samboja sepanjang 22,03 kilometer, seksi 2 Samboja—Muara Jawa 30,98 kilometer, seksi 3 Muara Jawa—Palaran 17,50 kilometer, seksi 4 Palaran—Samarinda 17,95 km, dan seksi 5 ruas Balikpapan—Sepinggan 11,09 km.

Di sisi lain, jalan tol layang Japek yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk membentang sepanjang 36,4 kilometer dan dibangun dengan biaya investasi Rp16 triliun.