Masuk Finalisasi Lelang, SPAM Pekanbaru Targetkan Financial Close Akhir 2020

Jakarta – Salah satu proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yakni Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Pekanbaru ditargerkan akan menyelesaikan tahapan pembiayaan atau financial close pada akhir tahun 2020 ini. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Bisnis PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Andre Permana.

Proyek SPAM Pekanbaru yang merupakan bagian dari target penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia tersebut saat ini telah masuk dalam finalisasi final, sehingga sangat memungkinkan untuk proyek ini dapat menyelesaikan financial close pada akhir tahun ini.

"SPAM Pekanbaru saat ini prosesnya masuk finalisasi lelang, rencananya target proyek ini bisa financial close akhir tahun ini, kalau dari sisi kami sebagai perusahaan penjaminan ini menyesuaikan dengan proses KPBU nya,"jelas Andre

Andre juga menyampaikan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Kementerian PUPR, Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) SPAM Pekanbaru Direktur PDAM Kota Pekanbaru, serta Pemda setempat.

Hal ini meliputi koordinasi untuk dukungan fiskal proyek berupa skema dukungan kelayakan atau viability gap fund (VGF) kemudian juga terkait peraturan daerah serta anggaran dana cadangan dari pemkot setempat.

SPAM Pekanbaru yang memiliki nilai proyek Rp 750 miliar ini sendiri telah mengumumkan enam konsorsium peserta lelang yang telah lulus tahapan prakualifikasi proyek. Konsorsium tersebut yakni, Konsorsium Manyland-Moy-Elnusa, KSO PT Adhya Tirta Batam-PT Bangun Cipta Kontraktor, Konsorsium PT Krakatau Tirta Industri-PT Brantas Abipraya-PT Rukun Raharja, Konsorsium PT Metito Indonesia-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Selanjutnya Konsorsium PT PP Infrastruktur-PT Memiontec Indonesia-PT Envitech Perkasa, serta Konsorsium Manila Water Inc-PT Indah Karya (Persero)-Sarana Tirta Ungaran.

Proyek SPAM Pekanbaru diharapkan bisa melayani 62.000 sambungan rumah dengan estimasi penyerapan penuh pada 2028. Pembangunan SPAM itu diharapkan juga bisa mengatasi kendala minimnya pasokan air untuk beberapa wilayah.

SPAM Kota Pekanbaru mengalirkan manfaat bagi masyarakat tersebar 7 Kecamatan dari 31 kelurahan yaitu Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima puluh, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Sail, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Payung Sekaki.

Sumber: sispro.co.id