Luncurkan Solid Road, Holcim Berikan Solusi Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

30/08/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Pemerintah sedang memprioritaskan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Namun dalam upayanya membangun infrastruktur, pemerintah dihadapkan oleh beberapa masalah. 

Salah satu masalah utamanya adalah material dan kondisi tanah yang ada di Indonesia. Pasalnya dengan kondisi tanah yang beragam, Indonesia belum memiliki material yang dapat membuat jalan lebih tahan lama. 

Kepala Bidang Standarisasi dan Kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) jalan dan jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Anwar Yamin mengatakan, dibutuhkan sebuah teknologi untuk mengatasi hambatan tersebut. Teknologi tersebut harus bisa menaikan material setempat ini. Sehingga dari yang tidak cocok dijadikan bahan jalan menjadi cocok untuk bahan jalan.

"Kita butuh sebuah teknologi sehingga pembangunan dengan dana yang terbatas tadi bisa dioptimalkan , sehingga aksesbilitas bisa ditingkatkan dan masyarakat merasakan dampak dari pembangunan tersebut," ujarnya dalam acara peluncuran Solid Road Holcim Indonesia di Sheraton Hotel, Jakarta, Senin 28 Agustus 2017.

Sebagai bentuk konsistensinya dalam berinovasi sekaligus memberikan sebuah solusi, Holcim Indonesia memperkenalkan produk barunya yakni Solid Road. Solid road merupakan sebuah produk inovatif untuk mengatasi masalah stabilisasi tanah sebagai pondasi jalan. 

CEO PT Holcim Indonesia Tbk Gary Schutz mengatakan dirinya memahami kendala dalam bangunan infrastruktur di Indonesia yang memiliki karakteristik geografis beragam. Oleh karena itu pihaknya hadir dengan produk baru untuk memberikan kenyamanan baik dari sisi kontraktor maupun pengguna jalan.

"Pemilik proyek ingin membangun jalan yang memiliki ketahanan tinggi, kontraktor ingin mengatasi potensi masalah pemeliharaan/perbaikan, sedangkan pengguna jalan ingin mendapatkan kenyamanan dan menghindari kemacetan karena perbaikan jalan yang memakan waktu lama. Kini Solid Road hadir sebagai jawaban dari permasalahan tanah yang beragam kondisi dan tidak ideal untuk membangun jalan yang mampu bertahan dalam waktu yang lama,” jelasnya.  

Di tempat berbeda, Marketing Director PT Holcim Indonesia Tbk Dhamayanti Suhita mengatakan Solid Road merupakan suatu produk baru berbasis semen dengan formula inovatif untuk mendapatkan stabilisasi tanah. Sementara produk ini mampu membantu menurunkan biaya konstruksi maupun pemeliharaan jalan.

“Ketidakstabilan kondisi tanah dapat menyebabkan keretakan atau kerusakan pada lapisan permukaan aspal atau beton, sehingga dapat merugikan baik pemilik maupun pengguna jalan," jelas Dhamayanti.

"Solid Road ini merupakan semen plus-plus. Fitur keunggulannya, kita bisa menstabilkan dan meningkatkan kualitas tanah sehingga jalan yang dibangun di atasnya dapat lebih tahan lama. Kedua juga yang paling penting, bisa mengoptimalisasi dan efesiensi biaya," imbuhnya. 

Sebagai lini terbaru dalam deretan produk unggulan dan inovatif dari Holcim Indonesia, Solid Road menyasar proyek-proyek pembangunan jalan. Baik jalan nasional, daerah, maupun swasta di seluruh Indonesia.

Sehingga produk ini hadir dalam dua jenis. Jenis kemasan kantong dan curah sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Manfaat lain yang bisa didapatkan oleh pelanggan, yaitu layanan pengujian laboratorium untuk menganalisa tingkat kestabilan tanah, pengembangan campuran, hingga uji kualitas produk di lapangan.

“Ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan nilai tambah dalam setiap produk dan solusi yang kami tawarkan. Analisa laboratorium dan uji kualitas produk membantu memastikan hasil akhir sesuai keinginan pelanggan dan peruntukan jalan sesuai dengan kondisi tanah yang diharapkan,” sambung Ita. 

Dengan segala keunggulan yang ada, kehadiran Solid Road diharapkan dapat menjadi solusi baru bagi Pemerintah maupun swasta dalam menyediakan sarana infrastruktur yang berkualitas. Tentunya sesuai dengan karakteristik tanah di Indonesia yang dapat memberikan banyak manfaat bagi semua pihak dan mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

"Saya berharap ini bisa jadi solusi, kita juga berharap semoga produk Solid Road bisa berpartisipasi dalam pembangunan dalam jangka waktu yang lama," kata Dhamayanti.

 

Sumber: okezone.com