LRT Palembang Siap Beroperasi Juni 2018

Palembang – Progres dari pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang sudah mencapai 76% dan diperkirakan akan siap beroperasi pada Juni 2018 nanti. Akan ada 5 dari 13 stasiun yang sudah siap untuk beroperasi dan melayani penumpang, nantinya sisa 8 stasiun akan mengejar pembangunannya demi melancarkan Kota Palembang disaat menggelar Asian Games 2018 nanti.

“Tadi kita lakukan pemantauan progres pelaksanaan Asian Games, yaitu bandara dan LRT, ada beberapa yang kita minta dipercepat untuk selesai pada bulan Februari,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga mengatakan pembangunan dari keseluruhan stasiun akan dikebut dan nantinya dapat beroperasi secara bersamaan. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan dari LRT Palembang ini berjalan secara maksimal pada masyarakat Sumatera Selatan.

“Harapan kita 13 stasiun ini akan beroperasi secara bersamaan semua. Tapi nanti kita lihat dulu seperti apa pada bulan Juni, apakah bisa langsung beroperasi atau tidak,” kata Menteri Budi.

Menteri Budi juga memaparkan bahwa saat ini progres pembangunan LRT Palembang secara keseluruhan telah mencapai 76% dan untuk pemasangan steelbox girder telah mencapai 100%. Sedangkan untuk rel kereta sendiri, pengerjaan nya sudah mencapai 50% dari total panjang sejauh 47 km.

Direktur Operasional PT Waskita Karya, Adi Wibowo menjelaskan bahwa disaat pelaksanaan Asian Games nanti hanya akan dioperasikan 5 dari total 13 stasiun yang ada. Hal ini dikarenakan 8 stasiun lainnya masih dalam pengerjaan konstruksi dan dipastikan tidak dapat selesai saat pesta olahraga terbesar tingkat Asia itu dimulai.

“Ada 3 stasiun yang akan bisa digunakan untuk uji coba pada Maret mendatang. Kemudian hanya ada 5 dari 13 stasiun yang bisa beroperasi saat Asian Games nanti dan sisanya baru akan bisa kita kerjakan setelah selesai event untuk bisa digunakan keseluruhannya,” kata Adi.

5 stasiun yang akan beroperasi tersebut pada gelaran Asian Games yaitu, Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Pelembang, Stasiun Palembang Icon Mal, Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Stadion Jakabaring dan juga Stasiun OPI Mal.

Selain LRT, Menteri Perhubungan juga mengunjungi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Pelembang, yang sedang melakukan penambahan 12 counter check in yang akan mengurai kepadatan calon penumpang pada masa penyelenggaraan Asian Games nanti.