LMAN Realisasikan Pencairan Dana Pengadaan Lahan Tol Semarang-Demak Senilai Rp 198 Miliar

31/08/2020

Jalan Tol

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah melakukan pendistribusian dana pengadaan lahan untuk proyek pembangunan Tol Semarang-Demak secara langsung kepada masyarakat pada Kamis (27/8). Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menyampaikan pembayaran ini telah dilakukan secara langsung kepada masyarakat dengan total Rp 198 miliar.

“Jumlahnya cukup besar sekitar Rp198 miliar,”jelasnya

Selain itu, Basuki juga menyampaikan pada masa pandemi Covid-19 ini, LMAN juga dituntut untuk dapat mencari cara yang lebih kreatif dan inovatif dalam menyokong pengerjaan infrastruktur agar tetap telaksana sesuai dengan target.

Ia juga menyampaikan dalam hal menjaga kinerja keuangan BUJT yang bertindak dalam pelaksanaan proyek jalan tol, kelanjutan proyek yang didanai oleh LMAN juga dapat diperuntukan dalam membuka kesempatan kerja dimasa pandemi ini dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Qoswara menyampaikan terkait mekanisme pembayaran langsung kepada masyarakat biasanya dilakukan dengan bantuan distribusi perbankan ini dilakukan untuk proyek non jalan tol.

“Jalan tol sebagian besar menggunakan dana talangan tapi ada juga yang bayar langsung dan yang pembayaran perdana Rp189,9 miliar untuk ruas tol Demak-Semarang,” ujar Qoswara.

Ia juga menyampaikan, pihaknya telah melakukan beberapa tahapan pembayaran yang diantaranya dilakukan pada periode 16 Maret-19 Agustus 2020 dengan nilai sebesar Rp 7,28 triliun dengan pengalokasian untuk proyek tol mencapai Rp 6,49 triliun.

Sumber: sispro.co.id