Lakukan Tinjauan, Menteri Basuki Beri Pujian Untuk Kualitas Tol Pekanbaru-Dumai

21/02/2020

Jalan Tol

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memuji kualitas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Dumai (Permai). Ruas tol Permai pun menunjukan hasil tes International Roughness Index (IRI) 1,8.

"Saya yakin skor tes IRI-nya di bawah 2 ini," kata Basuki saat mengunjungi Seksi 4 di Muajalelo Desa Pinggir, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Kamis (20/02/2020).

Menurutnya Basuki, tol yang dibangun oleh PT Hutama Karya Infrastruktur anak dari PT Hutama Karya (Persero) semakin ke arah Dumai sudah semakin bagus, sehingga menunjukan hasil IRI yang bagus.

Hasil tes International Roughness Index ini merupakan parameter yang mengukur tingkat kerataan jalan. Kerataan menjadi salah satu hal yang diukur untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol sesuai dengan Peraturan Menteri PU No. 392/PRT/M/2005. Dalam peraturan tersebut minimum skor tes IRI haruslah kurang dari atau sama dengan 4m/km.

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti menjelaskan bahwa saat ini progres ruas tol Permai jika dihitung telah mencapai rata-rata 90% dan masih terus bertambah. Jalan Tol ini memiliki panjang total 131 km, dan dibagi menjadi 6 seksi yang menghubungkan Pekanbaru, Kandis, Duri hingga Dumai. Tol Pekanbaru-Dumai ini juga memiliki fitur unik karena di dalamnya turut dibangun enam underpass untuk perlintasan kawanan gajah.

Aji juga menjelaskan bahwa lintasan pertama berada di Sungai Tekuana yang lokasinya berdekatan dengan Tol Permai Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan), posisinya tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Di area itu ada kurang sedikit 13 gajah Sumatera liar.

Sementara itu, lima perlintasan lainnya berada di Jalan Tol Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan), dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. 

"Selain ada underpass untuk gajah, pembangunan Jalan Tol Permai juga memiliki tantangan lain karena di beberapa titik terdapat persinggungan dengan pipa minyak dan gas serta jaringan listrik (powerline) milik PT CPI (Chevron Pacific Indonesia). Alhamdulillah, meski begitu, semua bisa berjalan lancar," ucap Aji.

Tol Permai memiliki 16 Jembatan, 4 simpang susun, dan 6 underpass yang akan melancarkan aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Dumai, Riau. Tol dengan lebar lajur utama sebesar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan 7 Gerbang Tol yaitu Pekanbaru, Minas, Kandis Selatan, Kandis Utara,  Duri Selatan, Duri Utara, dan Dumai.

Sumber: sispro.co.id