Kementerian PUPR Ajak Pemuda Peduli Infrastruktur Lewat PUPR & MI Goes To Campus

28/09/2017

Tidak berkategori

Padang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Harian Media Indonesia (MI) pada tahun ini kembali melaksanakan agenda menyapa mahasiswa dalam acara PUPR-MI Goes To Campus di Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat, Selasa (26/9).

Acara yang bertajuk Muda, Aktif dan Peduli Infrastruktur tersebut juga menyajikan Talkshow dengan tema 'Saatnya Mengambil Manfaat, Pembangunan Tol Sumatera' yang dipandu presenter Metro TV Prita Laura, dan berlangsung meriah dengan diikuti oleh ratusan mahasiswa berbagai jurusan.

Selain diikuti ratusan civitas akademika Universitas Andalas, hadir pula sebagai panelis dalam talkshow tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia Gaudensius Suhardi, serta Direktur Komersial PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pujo Suseno.

Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti mengatakan bahwa tujuan dari acara yang diadakan di Kampus Unand tersebut yakni untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa untuk lebih peduli dan terlibat dalam pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah gencar dilakukan pemerintah.

"Ada banyak cara untuk pemuda khususnya mahasiswa untuk peduli infrastruktur, sebagai contoh dengan melaporkan kondisi jalan apabila ada kerusakan melalui aplikasi 'Jalan Kita' yang dibuat oleh Kementerian PUPR," ujar Anita.

Selain itu, dikatakan Anita, kreatifitas pemuda juga dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi ekonomi dan sosial dari infrastruktur yang telah dibangun. Ia mencotohkan salah satunya dengan membuat vlog terkait infrastruktur konektivitas yang memudahkan akses wisatawan ke tempat wisata, sehingga jalan yang sudah dibangun dapat optimal digunakan untuk menggerakkan roda pariwisata dan ekonomi setempat.

Rektor Universitas Andalas Padang Tafdil Husni dalam sambutannya, mengucapkan sangat berterima kasih atas acara yang digagas oleh Kementerian PUPR dan Media Indonesia. Menurutnya acara ini menjadikan mahasiswa mengetahui akan arah dan kebijakan proses pembangunan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang saat ini mengedepankan pembangunan infrastruktur untuk mengejar ketertinggalan daya saing.

"Melalui acara ini, saya berharap agar seluruh mahasiswa yang saat ini hadir bisa memperoleh pandangan soal pembangunan infrastruktur dan berkontribusi aktif melalui potensi yang dimiliki" ujarnya.

Lebih Lanjut, Tafdil mengatakan pembangunan infrastruktur dari sisi ekonomi, akan mempercepat dan mempermudah pengiriman logistik sehingga dapat menekan biaya kebutuhan pokok. "Untuk menekan disparitas antara desa dan kota, saat ini pembangunan infrastruktur dilakukan dari pinggiran yakni dari desa dengan konsep Indonesiasentris, sehingga pemuda di daerah harus berperan aktif dalam mendukung program ini," ujarnya.

Acara talkshow yang digelar di Auditorium Universitas Andalas Padang, diikuti dengan antusias oleh peserta. Pertanyaan pertanyaan kritis dari para mahasiswa terhadap pembangunan di Indonesia terlontar dari mulut para generasi muda penerus bangsa itu.

Hangatnya topik pembahasan membuat semua mahasiswa yang hadir enggan untuk beranjak dari kursi dan mengikuti acara hingga selesai. Selain acara talkshow, PUPR-MI Goes To Campus ini juga menyuguhkan booth aneka makanan, stand up comedy dan hiburan band. Kementerian PUPR membuka booth pameran yang menampilkan beragam informasi mengenai hasil pembangunan infrastruktur PUPR yang cukup ramai dikunjungi mahasiswa.

Sumber: pu.go.id