Kejar Target Konstruksi 9 Ruas Tol Baru di Pulau Sumatera

11/01/2021

Jalan Tol

Jakarta – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pekerjaan proyek terhadap 9 ruas tol di Pulau Sumatera terus berlanjut meskipun pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit Menyampaikan dalam Laporan Kinerja BPJT pada Tahun 2020 pihak BPJT masih terus berkoordinasi pada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang melaksanakan konstruksi proyek jalan tol diberbagai daerah.

"Hingga pengujung tahun 2020 BPJT terus berkoordinasi bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal penyelesaian pelaksanaan konstruksi jalan tol di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi,”jelas Danang

Adapun untuk proyek jalan tol yang berada di Pulau Sumatera meliputi seperti proyek Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 2 Tahap 1B (9 km), Tol Padang-Pekanbaru (130 km) dengan terdiri dari 3 seksi yang terbagi menjadi seksi 1 Padang-Sicincin (30 km), seksi 2 Pekanbaru-Bangkinang (40 km), dan seksi 3 Bangkinang-Pangkalan (60 km).

Kemudian terdapat Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapan segmen Kuala Tanjung-Pematang Siantar (96 km), Tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia (4 km), Tol Sigli-Banda Aceh (60 km), Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu segmen Bengkulu-Taba Penanjung (17 km), Tol Indrapuri-Kisaran (48 km), Tol Binjai-Langs segmen Binjai-Pangkalan-Brandan (64 km) serta Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (119 km).

Adapun dalam proyek jalan tol di Pulau Sumatera tersebut juga terdapat penyediaan fasilitas untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan progres 72% Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) telah rampung dibangun.

Untuk TIP yang berada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terbagi dalam 25 TIP Tipe A, 8 TIP Tipe B dan juga 8 TIP Tipe C. Adapun fungsi TIP tersebut tidak hanya digunakan sebagai tempat peristirahatan pengguna tol tetapi juga untuk memfasilitasi UMKM dan meningkatkan kegiatan perekonomian di jalan tol.

"Hal ini termasuk upaya mengembangkan TIP yang terhubung dengan kegiatan ekonomi di sekitar jalan tol,"jelas Danang

Sumber: sispro.co.id