Jokowi Saya Hanya Ingin APBN Fokus ke Infrastruktur

21/07/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta anggaran pendapatan dan belanja di tiap daerah difokuskan kepada satu sektor tertentu yang hendak ditonjolkan.

Jokowi meminta kepala daerah mencontoh pemerintah pusat, yang saat ini tengah fokus menggenjot pembangunan infrastruktur.

"Sekarang ini APBN, saya juga hanya ingin fokus saja ke infrastruktur. Karena ini menjadi hal yang sangat mendasar, sangat penting bagi kompetisi sebuah negara," kata Jokowi saat menutup rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Malang, Kamis (20/7/2017).

"Mulailah kita merancang anggaran itu fokus, konsentrasi ke satu hal. Sudah," ucap Jokowi, kepada para wali kota dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang hadir di acara itu.

Jokowi mencontohkan, kota yang ingin fokus membenahi tata kota, maka bisa menggunakan anggarannya untuk membangun trotoar. Menurut dia, fokus anggaran ini sekaligus bisa menjadi pembeda antara kota satu dengan kota lainnya.

"Jadi harus kerja fokus, kalau anggaran diecer-ecer, dibagi-bagi 5 persen untuk dinas ini, 5 persen untuk dinas ini, pasti hilang enggak ada baunya, karena enggak fokus," ucap Jokowi.

Idealnya, lanjut Jokowi, 60-70 persen anggaran harus difokuskan kepada satu sektor yang ingin ditonjolkan. Baru kemudian sisanya dibagi-bagi untuk sektor lain.

"Kalau fokus, itu akan jadi barang. Gampang ngeceknya, gampang ngontrolnya," tutur dia.

http://nasional.kompas.com/read/2017/07/20/20054901/jokowi--saya-hanya-ingin-apbn-fokus-ke-infrastruktur

Sumber: kompas.com