Jembatan Musi IV Siap Diresmikan Akhir Desember 2018

Palembang – Konstruksi Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai. Meski masih menunggu jadwal pihak PUPR, peresmian jembatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut rencananya akan dilakukan pada akhir Desember 2018.

 "Untuk Jembatan Musi IV sudah selesai 100 %, tinggal nanti uji beban pada 8 Desember. Untuk peresmian jembatan rencananya akan dilaksanakan pada 25 atau 27 Desember ini," kata Kepala Balai BPJN Wilayah V, Ki Agus Saiful Anwar di Palembang, Selasa (4/12/2018).         

Peresmian akan dilakukan setelah uji beban Jembatan Musi IV yang direncanakan pada 8 Desember 2018 dilaksanakan yakni dengan menggunakan 24 truk yang akan melintasi jembatan. Kemudian dilanjutkan dengan uji layak fungsi oleh Komite Nasional Keselamatan Jalan dan Jembatan. Kepala Satker Pelaksana Jalan Metropolitan, Yudian Budi Krishna turut mengatakan Jembatan Musi IV dapat beroperasi pada awal tahun 2019 setelah serah terima jembatan dari kontraktor yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk. kepada BBPJN Wilayah V dilaksanakan yakni setelah uji beban selesai.

Jembatan Musi IV dengan biaya sekitar Rp 553 miliar ini memiliki dua jalur yang membentang mulai dari Jalan Selamet Riadi hingga Jalan H Ahmad Yani di Seberang Ulu dan Ilir Palembang. Jembatan Musi IV yang diklaim memiliki daya tahan hingga 100 tahun serta tahan gempa juga terjangan dari gelombang Sungai Musi memiliki teknologi berupa sistem extradosed (gabungan antara komponen cable stayed dengan box girder) dan juga dilengkapi dengan Structural Health Monitoring System (SHSM) yang dapat memonitor kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data secara online setiap 20 menit sekali sehingga dapat terus dipantau kelayakannya.