Jalan Tol Trans Jawa Ditargetkan Selesai 2018

12/07/2016

Tidak berkategori

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan jalan tol Trans Jawa dapat diselesaikan pada akhir 2018. Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H Sumadilaga, Minggu (10/7). Ia mengatakan bahwa memang sampai Tahun 2016 ini tol Trans Jawa yang dapat diselesaikan baru sampai Brebes Timur yang merupakan bagian dari jalan tol Pejagan-Pemalang. Selanjutnya, untuk Seksi III dan IV tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37 kilometer dari Brebes Timur, tahun depan ditargetkan selesai.

“Itu memang kita lanjutkan dari Pemalang-Batang 40 kilometer dan Batang-Semarang 75 kilometer. Kemudian di Solo, sampai saat ini sudah sampai Ungaran selesai, sekarang dari Ungaran sampai Salatiga dalam proses pengerjaan,” tutur Danis. Masalah pengadaan lahan masih menjadi tantangan utama dalam penyelesaian pembangunan jalan tol trans jawa.

Kepadatan Rest Area

Menanggapi adanya komentar bahwa Tol Cipali dianggap minim fasilitas di rest area saat arus mudik Lebaran 2016, Danis mengatakan bahwa rest area di Tol Cikopo sudah lengkap. “Panjang tol Cikopo-Palimanan sekitar 116 kilometer dan setiap 20-30 kilometer ada rest area dengan beberapa tipe,” ujarnya.

Bahkan, ia menegaskan bahwa jauh sebelum arus mudik lebaran 2016 itu Kementerian PUPR tambah toilet dan kapasitas air, serta penerangan di rest area tersebut. meski begitu ia mengakui bahwa kapasitas rest area tidak cukup menampung kendaraan yang begitu banyak ingin masuk rest area karena para pengemudi yang sudah ada didalam cukup lama beristirahat di rest area sehingga menimbulkan ekor yang mengganggu arus lalu lintas di jalan tol. (gt/tr)