Hutama Karya Siapkan Tol Trans Sumatera Untuk Nataru

Jakarta – Menjelang arus mudik Natal & Tahun Baru 2020 (Nataru), PT Hutama Karya (Persero) menggelar persiapan Apel Siaga Mudik Nataru 2019 guna menjamin kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera untuk dilalui oleh pemudik Nataru. Untuk ruas yang dipersiapkan meliputi, Ruas Tol Bakauheni-Kayu Agung, Ruas Tol Palembang-Indralaya, Ruas Tol Medan-Binjai serta Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi I.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro memimpin langsung Apel Siaga Mudik Nataru JTTS yang dilakukan di halaman Kantor Cabang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Gerbang Tol ITERA Kotabaru. Dalam kesempatan tersebut, Aries menyampaikan bahwa tim Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol akan terus bersiaga untuk memberikan pelayanan optimal kepada seluruh pengguna jalan tol Trans Sumatera.

"Jalan Tol Trans Sumatra yang beroperasi sudah semakin panjang, termasuk dengan diresmikannya Tol Terpeka beberapa bulan lalu maka kami yakin volume kendaraan di JTTS khususnya dari Bakauhehi sampai Kayu Agung pada arus mudik kali ini akan meningkat jika dibandingkan arus mudik lebaran pada bulan juni lalu,"jelas Aries, dikutip dari detik.com

Aries juga menyampaikan selama arus mudik dan arus balik Nataru berlangsung akan menempatkan tim yang bersiaga di Gerbang Tol yang rentan akan terjadi peningkatan volume kendaraan seperti di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Gerbang Tol Natar, Gerbang Tol Kotabaru, dan Gerbang Tol Kayu Agung. Dalam Apel Siaga Mudik Nataru ini diikuti oleh seluruh jajaran petugas dari ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Selain itu, dalam acara ini pula turut diramaikan oleh tim cabang ruas tol beroperasi milik Hutama Karya, yang diantaranya Ruas Tol JORR-S, Ruas Tol ATP, Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Ruas Tol Palembang-Indralaya, Ruas Tol Medan-Binjai, dan Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1.

PT Hutama Karya (Persero) hingga saat ini telah membangun 469,5 km jalan tol di Trans Sumatera, dengan 373 km jalan tol telah beroperasi penuh melayani masyarakat untuk konektivitas antar daerah di Pulau Sumatera. Sedangkan untuk progres jalan yang sudah terbangun namun belum beroperasi adalah ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 14 km, serta ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 87,5 km.

"Pada Arus Mudik Nataru 2019 ini, pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang kurang lebih 362 km dengan 329 km melalui JTTS ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar hingga Kayu Agung. Di sepanjang ruas tol tersebut kami juga telah menyediakan 13 Tempat Istirahat Sementara (TIS) yang dilengkapi fasilitas: SPBU, Toilet, Parkir, Masjid/Musholla, dan Tempat Makan, dengan 6 Rest Area di Ruas Tol Bakter dan 7 lainnya di Ruas Tol Terpeka,"jelas Aries

Selain itu Aries juga menjelaskan untuk musim mudik Nataru nanti, Hutama Karya telah meluncurkan kampenye bertajuk “Setuju”.

"Setuju merupakan singkatan dari Selamat Sampai Tujuan. Melalui kampanye 'Setuju', para pengemudi bakal dibekali buku saku yang menjadi panduan pengemudi melewati JTTS. Buku saku ini berisikan informasi terkait fasilitas JTTS, peta tol, dan lokasi rest area,"kata Aries

Buku saku ini juga berisikan potensi-potensi di sekitar Gerbang Tol JTTS seperti rumah sakit, penginapan, tempat makan, SPBU, dan lokasi wisata. Informasi tersebut dilengkapi nomor telepon yang hendak dituju.

Sumber: sispro.co.id