Hari ini, Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Papua

16/11/2018

Agenda Presiden

Merauke – Monumen Kapsul Waktu seluas 2,5 ha di Merauke, Papua akhirnya telah diresmikan dengan meletakan kapsul-kapsul ke dalam cangkang di puncak monumen oleh Presiden Jokowi pada kunjungan kerjanya pagi hari ini, Jumat (16/11/2018). Lokasi monumen yang dekat dengan Bandara Internasional Mopah dan dapat dilihat ketika pesawat mendarat, menjadikan Monumen Kapsul Waktu sebagai landmark baru kota Merauke.

Kapsul Waktu tersebut berisi harapan anak muda Indonesia untuk 70 tahun ke depan dari 34 provinsi yang dihimpun saat ekspedisi yang dimulai 22 September 2015. Kapsul impian yang akan dibuka pada tahun 2085 terdapat tujuh harapan, diantaranya SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi, membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia-Pasifik, dan Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

“Tujuh impian ini diimpikan oleh anak-anak Indonesia dari Sabang hingga Merauke, yang nantinya dibuka pada tahun 2085 mendatang atau 70 tahun lagi,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan secara simbolis Monumen Kapsul Waktu.

Monumen yang sempat ramai karena kemiripannya dengan “markas Avengers” ini mulai dibangun tahun 2016 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui kegiatan Ruang Terbuka Hijau yang dialokasikan pada DIPA APBN di Direktorat Jenderal Cipta Karya – Kementerian PUPR. Tahap I berupa pekerjaan pondasi dengan anggaran Rp 7 miliar pada tahun 2016. Kemudian, dilanjutkan tahap II dengan biaya Rp 82,9 miliar yang dimulai 7 Juli 2017 dan selesai pada November 2018 dengan PT Nindya Karya (Persero) selaku kontraktor, dan Yori Antar Awal sebagai arsitek yang mengadopsi unsur budaya Papua.

Selain peresmian monumen ini, Presiden Joko Widodo akan turut meninjau pembangunan drainase/culvert box di ruas Jalan Merauke – Sota KM 23 dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sota, Turut serta mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kali ini antara lain, Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.