Garap SPAM Jatiluhur 1, Wika Bentuk Perusahaan Patungan Bareng JKON

Jakarta – Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., bersama dengan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON), dan PT Tirta Gemah Ripah (TGR) telah ditetapkan menjadi pemenang atas lelang proyek KPBU untuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur 1 senilai Rp 1,67 triliun.

Ketua Panitia Pengadaan Proyek, Denik Haryani menyampaikan pengumuman pemenang lelang ini telah diinformasikan dalam pengumuman Nomor 01/PENG/KPBU-Pm.4/2020 yang menyatakan hasil evaluasi sampul II, konsorsium tersebut memenangi lelang proyek dengan jangka waktu perjanjian KPBU selama 30 tahun.

“Pada peringkat pertama yaitu Konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk-PT Wijaya Karya Tbk., dan PT Tirta Gemah Ripah,”jelas Denik

Mendukung terkait pelaksanaan proyek tersebut, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk telah membentuk usaha patungan yang dilakukan pada 15 Januari 2021 kemarin, yakni PT WIKA Tirta Jaya Jatiluhur. Didalam perusahaan tersebut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., sendiri memiliki 30% atau sebesar Rp 3 miliar, kemudian JKON memiliki saham 60% serta TGR sebesar 10%.

Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan resmi oleh manajemen PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

"Pembentukan usaha patungan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan kegiatan usaha perseroan serta memberikan nilai tambah melalui investasi yang dilakukan oleh perseroan,"jelas Manajemen WIKA

Total nilai investasi proyek ini yang dialokasikan konsorsium ini adalah Rp1,67 triliun dengan tarif air minum terendah Rp2.799 /meter kubik untuk wilayah DKI Jakarta.

Sumber: sispro.co.id