Diresmikan Presiden Jokowi Secara Virtual, Pelabuhan Patimban Bakal Jadi Cikal Bakal Kawasan Metropo

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian perdana Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat secara Virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Minggu (20/12).

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan,"jelas Presiden Jokowi

Presiden Jokowi menjelaskan dengan hadirnya Pelabuhan Patimban ini akan berjalan berdampingan dengan Pelabuhan Tanjung Priok yang saat ini cukup padat. Pelabuhan Patimban ini memiliki lokasi yang cukup strategis diantara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

”Kita sudah beberapa kali menyampaikan bahwa pantai utara Jawa yang sudah tersambung jalan tol harus jadi superkoridor ekonomi karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, dan sentra-sentra pertanian harus tersambung dengan jalan tol ini,”jelas Presiden Jokowi

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan pihak Pemprov Jawa Barat berterimakasih atas beroperasinya Pelabuhan Patimban ini, Ia juga menjelaskan pelabuhan Patimban ini akan menjadi cikal bakal kawasan metropolitan Rebana yang terdiri dari 13 kota industri baru.

"Atas nama Pemprov Jabar dan rakyat Jabar kami menghaturkan terima kasih atas takdir luar biasa ini di tanah kami di Jawa Barat,"jelas Ridwan Kamil

Kawasan Segitiga Rebana ini merupakan lahan yang ditunjukan untuk merangsang terciptanya investasi di wilayah Utara dan Timur Jawa Barat meliputi kawasan Subang, Cirebon, dan Majalengka. Ridwan Kamil sendiri menjelaskan target pembangunan kota industri pelabuhan ini akan membutuhkan waktu 30 tahun.

Selain itu, Ia juga memprediksi kawasan ini akan menciptakan 4,3 juta pekerjaan dalam 15 tahun kedepan dan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi hingga 4% di Provinsi Jawa Barat.

Sumber: sispro.co.id