Diprediksi, 2,3 Juta Pemudik Lewati Lampung

15/05/2018

Pemerintah

Lampung—Senin, (14/5/2018) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Lampung, tepatnya untuk menghadiri acara Dialog Nasional Indonesia Maju di Universitas Bandar Lampung. Dalam kesempatan itu, ia memprediksi Lampung yang merupakan gerbang Pulau Sumatera bagian timur, akan dilewati jutaan pemudik.

“Sebanyak 2,3 juta orang yang akan melalui Lampung, ada 300 ribu mobil yang akan lewat sini, ada 180 ribu motor yang lewat sini,” terang Budi.

Dalam upaya memperlancar arus mudik-balik 2018 di Pulau Sumatera, Budi mengakui pihaknya masih terus fokus mempersiapkan sarana-prasarana transportasi di Lampung. Dalam kesempatan ini pun, Budi menghimbau untuk pemudik tidak menggunakan sepeda motor.

“Kendala terbesar adalah banyak yang masih naik sepeda motor, naik sepeda motor ini bahaya, saya tidak menganjurkan. Dengan segala kerendahan hati, saya minta naik bus saja, naik kereta saja, jangan naik sepeda motor. Kecelakaan 70 persen melibatkan sepeda motor. Maka kalau ada saudara-saudara yang mudik naik sepeda motor itu bahaya,” paparnya.

Dengan ditambahnya masa cuti bersama Lebaran ini, Budi juga mengimbau untuk masyarakat agar berangkat lebih awal sekitar H-7 Lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.