616 KM Jalan Tol Baru Akan Hubungkan Riau Dengan 3 Provinsi Lain di Trans Sumatera

06/10/2020

Jalan Tol

Jakarta – Pembangunan jalan Tol Trans Sumatera terus dikebut, beberapa ruas tol telah diresmikan dan beroperasi seperti Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km yang baru-baru ini diresmikan. Ruas ini menjadi salah satu jalan tol yang membuka akses di Provinsi Riau, namun selain ruas tol ini rencananya pemerintah akan membangun total 616 km jalan tol penghubung dari Provinsi Riau dengan 3 provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya menjelaskan pembangunan di Provinsi Riau akan terus berlanjut dengan adanya pembangunan ruas tol baru seperti tol dari Rantau Prapat dari Sumut ke Dumai, ada juga tol Pekanbaru menghubungkan ke Pangkalan, Sumatera Barat serta tol Pekanbaru-Rengat yang terhubung dengan Jambi yang nantinya akan mencapai total panjang 616 km.

"Riau ini kan berada di tengah-tengah jalur transportasi darat di Sumatera.Maka, kita perkirakan pada tahun 2024 mendatang, ruas jalan tol sudah terhubung ke tiga provinsi, Jambi, Sumut dan Sumbar. Maka, letak Riau pada posisi tengah, akan menjadi episentrum di Sumatera," kata Yan Prana.

Ia juga menjelaskan saat ini beberapa ruas tol tersebut sedang masuk tahapan penentuan lokasi (Penlok) yang sedang dalam bahasan bersama Kabupaten yang akan dilalui oleh masing-masing ruas tol tersebut.

"Jadi kita bahas Penlok ini dengan kabupaten setempat.Misalkan, jalan tol harus menghindari gardu listrik, misalkan kalau harus dikelokkan ya dikelokan. Atau di mana lokasi interchange untuk kawasan pariwisata dan lainnya,"tambah Yan Prana

Selain itu, Yan juga menyampaikan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pembak Pelalawan, Pemkab Indragiri Hulu dan Pemkab Indragiri Hilir untuk bahasan jalan tol tersambung ke Provinsi Jambi.

"Nah, nantinya kalau sudah tersambung jalan tol ini, makan akan mempermudah akses di Riau sendiri dan dengan provinsi tetangga. Saat ini proses Penlok terus berjalan dan tim akan segera melakukan ganti rugi lahan yang terkena lintasan jalan tol. Insyaallah sesuai dengan rencana Pemerintah Pusat, di tahun 2024 mendatang semuanya sudah tersambung,"jelas Yan Prana

Sumber: sispro.co.id