110 KM Jalan Tol Baru Di Jakarta Bakal Rampung 2020

27/09/2019

Jalan Tol

Jakarta – Pemerintah terus mengebut pengerjaan pembangunan dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang memiliki panjang sejauh 109,57 km, ruas tol yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta, Cinere, Cimanggis sampai ke Pelabuhan Tanjung Priok ini direncanakan dapat rampung pada akhir tahun 2020 nanti.

Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dari total 6 ruas tol yang menjadi bagian dari Tol JORR II ini 3 diantaranya akan rampung dan dapat digunakan pada Maret 2020. Diantaranya adalah ruas Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran yang memiliki panjang 14,19 km, kemudian ada Tol Kunciran-Serpong dengan panjang 11,19 km, serta ruas Tol Serpong-Cinere dengan panjang 10,14 km.

Sementara itu untuk 3 ruas tol sisanya akan ditargetkan rampung pada akhir 2020 nanti. Ruas tol tersebut diantaranya adalah Cinere-Jagorawi dengan panjang 14,64 km, lalu Cimanggis-Cibitung dengan total panjang 25,39 km dan juga ruas Tol Cibitung-Cilincing dengan panjang 43,02 km. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

"Secara bertahap, beberapa ruas Tol JORR II sudah selesai dan siap operasi seperti di ruas Cinere-Jagorawi. Untuk ruas Kunciran-Serpong saat ini progresnya sudah 98,76% pada Oktober 2019 akan diresmikan beroperasi. Sekarang ini sedang dilakukan uji laik fungsi," kata Menteri Basuki

Saat ini, progres untuk ruas Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran hingga September 2019 telah mencapai 53,14%. Ruas tol yang dibangun PT Jasamarga Kunciran Cengkareng ini menjadi salah satu target ruas tol yang dapat beroperasi pada Maret 2020 nanti. Sementara itu untuk ruas Kunciran-Serpong yang dibangun oleh PT Marga Trans Nusantara saat ini telah memasuki tahap konstruksi sebesar 98,86%.

Kemudian juga untuk ruas Tol Serpong-Cinere, ruas yang dibangun oleh PT Cinere Serpong Jaya progresnya telah mencapai 64,85% . Lalu untuk ruas Cimanggis-Cibitung yang dibangun oleh PT Cimanggis CIbitung Tollways ini telah mencapai progres sebesar 52,38%. Serta ruas Cibitung-Cilincing yang dibangun oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways ini juga konstruksinya telah mencapai 59,37%

"Dengan adanya JORR 1 dan JORR 2 akan ada alternatif untuk memecah trafik dan untuk arus barang juga yang dari Pelabuhan Merak ke Cikampek atau sebaliknya tanpa masuk kota, jadi masuk ke jalan-jalan lingkar ini," kata Basuki.

Dengan tersambungnya JORR 2 maka truk dan mobil-mobil besar yang saat ini banyak melintas di JORR 1 juga bisa memiliki jalan alternatif lain. Sehingga kemacetan di dalam kota atau di pinggiran Jakarta bisa terurai.