PT. Semen Indonesia Logistik

SUPPLIER : SEMEN
JASA : CARGO / LOGISTICS TRANSPORT (DARAT, LAUT, UDARA)

Berawal dari Yayasan Sejahtera  Semen Gresik yang didirikan untuk mendukung induk perusahaan dan sebagai mitra strategis, PT Varia Usaha berkembang pesat dengan mengembangkan usaha jasa transportasi & distribusi semen. Sukses mengelola bisnis distribusi semen, perusahaan berkomitmen memasarkan dan mendistribusikan produk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. hingga ke seluruh pelosok nusantara. Untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan kinerja sebagai perusahaan logistik , PT Varia Usaha berubah  nama menjadi PT Semen Indonesia Logistik.

 

Saat ini perusahaan telah berkembang dan maju dengan menjalankan empat usaha inti yaitu:

  1. Logistik & transportasi
  2. Perdagangan bahan bangunan
  3. Manufaktur & Perdagangan barang industry
  4. Manufaktur & Perdagangan Bahan tambang

Perusahaan terus berinovasi dan meningkatkan kemampuannya melalui visi dan misinya untuk menjadi perusahaan transportasi, perdagangan, dan manufaktur berskala nasional dengan supply chain yang handal.

 

Dimiliki oleh para pemegang saham : PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sebesar 73,65% dan Koperasi Warga Semen Gresik sebesar 26,35%, perusahaan bertanggung jawab penuh dalam memberikan kepuasan kepada para shareholder.

Keunggulan perusahaan sebagai jasa logistic & transportasi karena mendapatkan kepercayaan penuh dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. untuk mendistribusikan produknya. Selain semen, usaha transportasi ini juga mengangkut dan mendistribusikan produk industri lainnya seperti barang fabrikasi, barang konstruksi, angkutan limbah, kertas dan lain-lain. Dengan memiliki lebih dari 1.300 armada terbaik, berupa truk trailer, dump truk, tronton, bulk, dan truk gandeng mampu mengirim kepada seluruh pelanggan yang tersebar di wilayah Jawa, Bali dan Madura. Berkerjasama pula dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam  transportasi pengangkutan dengan kereta api.

 

Perusahaan memiliki divisi perdagangan bahan bangunan sebagai distributor utama dan terbesar dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam memasarkan produk semen zak, semen curah, semen jumbo bag maupun semen putih. Angkutan umum PT Semen Indonesia Logistik merupakan pioneer dalam paletisasi angkutan semen yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia, dengan hasil proses loading dan unloading semen semakin efisien. Tak hanya sebagai distributor semen, perusahaan juga selaku distributor fiber cement, board, besi, bata ringan, bendrat & paku serta semen putih.

 

Divisi Manufaktur & Perdagangan Barang Tambang, memiliki keunggulan sebagai pemasok bahan galian untuk industri semen berupa bahan baku seperti batu kapur, pasir silika, batu trass, tanah liat, pasir besi dan gypsum alam. Selain itu, PT Semen Indonesia Logistik juga memasok bahan semen setengah jadi berupa clinker/ terak. Di tahun 2016 PT Semen Indonesia Logistik memulai mengimport  Natural Gypsum dari Negara Oman dengan kemurnian minimum 91% untuk membantu kebutuhan pasar gypsum local yang semakin terbatas. Perusahaan memiliki mesin pencuci pasir silika yang berfungsi untuk menaikkan kadar silika menjadi di atas 95% , yang berlokasi di daerah Kragan- Rembang dan Jenu – Tuban dengan kapasitas produksi total 15.000 Ton per Bulan untuk memenuhi kebutuhan pasar pabrikan bata ringan , eternit dan batching plant area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

Divisi Manufaktur & Perdagangan Barang Industri, perusahaan bergerak di bidang perdagangan barang industri, jasa instalasi listrik dan instrumen, serta perdagangan produk fabrikasi. Ketiganya telah memiliki standar mutu dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Dengan sertifikat Standar Mutu ISO 9001:2015 pada perdagangan produk fabrikasi, menjamin adanya kualitas produk, mutu layanan, dan kepuasaan pelanggan.

 

Menjawab tantangan pengelolaan distribusi dan transportasi hasil proses yang lebih efisien sehingga mampu berkontribusi terhadap kinerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., perusahaan menerapkan “Integrated Logistic Solution”, yang meliputi Fleet Management, Total Management Control, Track Monitoring, Warehousing Management, Inventory Management dan Pallet Management; sesuai dengan visinya menjadi perusahaan transportasi & logistik  terintegrasi yang  terbaik di industri semen nasional tahun 2020.