Ganjil-Genap di Tol Jagorawi-Tangerang Uji Coba Hari Ini

16/04/2018

Jalan Tol

Jakarta - Senin, 16 April 2018, kedua ruas tol yakni Jagorawi dan Tangerang resmi diberlakukan uji coba peraturan ganjil-genap. Peraturan ganjil genap ini diadaptasi setelah melihat keberhasilan tol Bekasi yang lebih dulu sudah menerapkan peraturan ini.

Hari ini merupakan ‘jatah’ bagi kendaraan dengan plat genap yang diizinkan melewati ruas tol Jagorawi-Tangerang pada jam 06.00-09.00 WIB. Terlihat, untuk Jagorawi, pengarahan kenadaraan oleh petugas sudah dilakukan mulai dari depan Cibubur Junction.

Kabagkorps Korlantas Polri, Kombes Benyamin mengatakan, lalu lintas sudah terpantau cukup padat sebelum pukul 06.00. Kendati demikian, Ia mengaku yakin masyarakat mendukung penerapan ini, dan optimis lalu lintas akan lebih lancar dalam seminggu masa uji coba.

“Sebelum jam 06.00 WIB tadi sempat padat, masyarakat di sini masih belum menemukan pola. Kalau di jalan Cikampek sudah menemukan pola. Saya yakin tidak sampai satu minggu sudah lancar,” pungkasnya.

Untuk wilayah Tangerang, petugas polisi dibantu dengan dishub berjaga di percabangan jalan menuju Jakarta dan Karawaci, Tangerang. Petugas mengarahkan kendaraan yang plat nya tidak sesuai untuk melewati Karawaci.

“Yang plat nomernya tidak sesuai, kita akan alihkan ke arah Karawaci, karena di sana tidak diberlakukan ganjil genap,” ucap Kanit III Tol Bitung Ipda Gieyarto.

Selain kebijakan ganjil genap, akan diberlakukan juga kebijakan lain yaitu rute khusus angkutan umum.

“Untuk mendukung perpindahan pengguna dari mobil pribadi ke bus, pada dua jalan tol, kami siapkan masing-masing 20 bus dengan tarif terjangkau dan bisa ditambah (angkutannya) jika diperlukan,” kata Bambang Prihartono.

Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono mengatakan penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) akan diberlakukan dari Bogor—Pasar Rebo arah Jakarta pada pukul 06.00-09.00 setiap Senin-Jumat kecuali libur nasional.