Tol Soreang-Pasir Koja Siap Diresmikan Jokowi Siang Ini

04/12/2017

Admin

Jalan Tol

Bandung – Pembangunan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) sepanjang 10,57 km ini sudah rampung seluruhnya dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada siang hari ini. Acara peresmian dari tol ini berpusat di Gardu Tol Soreang, Tol ini menjadi kelanjutan dari Tol Purbaleunyi dan akan menyambungkan daerah Soreang di Kabupaten Bandung dengan daerah Pasir Koja di Kota Bandung.

Dengan peresmian Tol Soreang-Pasir Koja ini, maka sudah 10 ruas tol yang telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi di tahun 2017 ini. Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dengan bertambahnya 10,57 km tol Soroja ini maka total jalan tol yang sudah beroperasi pada tahun 2017 mencapai 143,57 km. Jumlah ini masih jauh dibawah target yang diusung sejauh 379,2 km, dengan begitu masih ada sekitar 235 km jalan tol yang harus dikejar pengoperasiannya sampai akhir tahun ini.

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna, mengakui adanya keterlambatan dari pembangunan sejumlah ruas tol yang ditargetkan. Berbagai macam faktor menjadi penyebab dari lamanya pengerjaan jalan tol, seperti adanya kendala pada pembebasan lahan sampai adanya faktor cuaca yang menyebabkan tertahannya pembangunan.

“Memang susahnya jalan tol itu tidak seperti beli mobil. Ada uang langsung bayar. Sebagai tambahan informasi, selain Struggling, di luar faktor cuaca juga ada persoalan tanah. Tapi ini bukan ngeles (cari alasan) ya, itu fakta di lapangan. Tanpa mengurangi target tadi. Tantangan kita memang harus mencapai targetnya,” kata Herry.

Dengan adanya peresmian jalan Tol Soroja ini, polisi akan menutup Jalan Al-Fathu, di depan Kompleks Pemkab Bandung mulai jam 6 pagi tadi. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bandung, Dony E Wicaksono menjelaskan bahwa akan diadakan rekayasa arus lalu lintas di Jalan Raya Soreang dan Jalan Raya Cipatik.

“Kami akan menutup sepanjang ruas Jalan Al-Fathu selama peresmian Tol Soroja ini berlangsung dari segala jenis kendaraan. Penutupan ruas Jalan Al-Fathu ini akan mulai diberlakukan sejak Senin pagi. Ruas jalan akan kembali dibuka setelah kegiatan peresmian selesai secara keseluruhan,” jelas Dony.

Selain Tol Soroja, selanjutnya tol yang akan dijadwalkan beroperasi adalah Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 15,4 km. Tol tersebut sudah menyelesaikan uji laik operasi dan tinggal menunggu jadwal peresmian dari Presiden Joko Widodo.