Jalan Lingkar Samosir Diusul Naik Status

Jumat, 29 April 2016 01.48.03 GMT

Tidak berkategori

MEDAN– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya mempercepat pembangunan kawasan Danau Toba. Saat ini, status jalan lingkar Samosir sepanjang 143 km sudah diusulkan naik menjadi jalan nasional.

Sementara jalan di kabupaten/ kota di kawasan tersebut juga ada yang segera diusulkan menjadi jalan provinsi. Kepala Dinas Bina Marga Pemprov Sumut, Effendy Pohan, mengatakan, saat ini jalan provinsi sepanjang 3.048,5 km. Namun, yang berstatus sebagai jalan provinsi tinggal sepanjang 2.668 km karena banyak yang bakal beralih menjadi jalan nasional.

“Seperti jalan lingkar Samosir sepanjang 143 km dan Jalan Palsobalas hingga simpang Kota Pinang sepanjang 100 km lebih,” kata Effendy Pohan di Medan, Rabu (27/4). Dia menambahkan, untuk tahun ini beberapa ruas jalan kabupaten/ kota di lingkar Samosir juga akan diusulkan untuk dinaikkan statusnya menjadi jalan provinsi. Bupati sudah menyurati Pemprov Sumut untuk perubahan status dari jalan kabupaten yang diusulkan menjadi jalan provinsi.

Perubahan status ini membutuhkan beberapa proses, sehingga peralihan status jalan itu diprediksi baru akan dilakukan pada tahun depan. Prosesnya dimulai dari penyampaian surat pengusulan yang diajukan daerah. Usulan akan dikaji secara teknis oleh Dinas Bina Marga Sumut, apakah jalan tersebut bisa ditingkatkan menjadi jalan provinsi atau tidak.

Selanjutnya usulan dibahas oleh DPRD Sumut. Jika disetujui oleh Dewan, usulan akan diajukan ke Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, agar bisa menerbitkan surat keputusan (SK) perubahan status jalannya. “Pengusulan untuk perubahan status jalan itu hampir 100 km,” ujarnya.

Terpisah, pemerintah pusat juga akan membangun jalan ring road dari Kabupaten Samosir, yakni mulai dari Panggururan hingga Tele. Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp700 miliar untuk proyek multiyearsselama tiga tahun.

“Proposalnya sudah kami ajukan kepada pemerintah pusat. Mudah-mudahan bisa cepat direalisasikan sehingga dapat mendukung percepatan pembangunan kawasan Danau Toba,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, Anthony Siahaan.

Pemerintah juga akan membenahi infrastruktur jalan dan membangun konektivitas menuju Danau Toba. Nanti akan ada jalan tol yang tidak hanya sampai ke Tebingtinggi, tapi juga sampai ke Parapat. Selain itu infrastruktur menuju Bandara Silangit akan diperbaiki.

Untuk mendukung otoritas wisata Danau Toba, pemerintah akan membangun jalan akses terusan Tano Ponggol, yakni jembatan yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir. Jembatan itu sepanjang 20 km, dan nantinya akan diperpanjang menjadi 50 km. “Jembatan itu juga akan ditinggikan sehingga nantinya kapal cruise dari luar bisa langsung bersandar di Pulau Samosir,” paparnya.